About Me

Kota Pasuruan Tercinta
Kami bukanlah orang-orang besar dari Kota ini, tapi kami adalah anak-anak muda yang memiliki semangat dan idealisme-idealisme untuk membangun dan memajukan kota kami, kami adalah generasi muda, generasi baru untuk kota kami tercinta, KOTA PASURUAN...
Lihat profil lengkapku

Gambaran Letak dan Potensi SDA Kota PAsuruan

05.14 Posted In , , , , Edit This 0 Comments »

Wilayah Kota Pasuruan terletak pada 112 ‘ 45 menit - 112 ‘ 55 menit Bujur Timur, 7’ 35 menit diatas ketinggian + 4 M diatas permukaan air laut.
Batas Administratif Kota Pasuruan Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Madura, Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Rejoso Kab.Pasuruan, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Gondangwetan dan kecamatan Pohjentrek, Sebelah Barat berbatasan dengan wilayah Kec. Kraton Kab.Pasuruan.
Kota Pasuruan dengan luas daerah 3.529 KM2 terletak diantara lintas 112 ‘ 30 BT, 7’ Bujur Selatan merupakan dataran rendah, sebelah utara berpantai yang terdiri dari 3 Kecamatan dan 34 Keluarahan.

  • Keadaan Cuaca wilayah Kota Pasuruan.

1) Curah hujan Kabupaten Pasuruan mulai bulan Desember s/d Juni = 20, 3 s/d 417,7 mm.
2) Curah hujan pada bulan Mei s/d Nopember = 0 s/d 1,5 mm ( musim kemarau ).
3) Suhu udara rata-rata antara 26,9 ‘ C s/d 29,9 ‘ C.
4) Kecepatan angin rata-rata 2,94 Km/ Jam s/d 5,88 Km/ Jam.

  • Potensi Sumber daya Alam yang ada adalah :


1). Hutan bakau

Hutan bakau dapat memberikan dampak positif pada ekonomi yang ada di wilayah daratan Pasuruan, disamping juga merupakan salah satu sumber daya alam yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia.

Peran dan fungsi Hutan Bakau antara lain sbb. :
a) Kemampuan untuk memberikan manfaat produksi dalam bidang perikanan misalnya Ikan, Udang yang merupakan komoditi eksport yang dapat memberikan devisa kepada negara.
b) Kemampuan untuk memberikan manfaat sebagai pelindung, yaitu sebagai pengatur tata air, mencegah banjir, mencegah Agrasi, pengawet dan pemelihara kesuburan tanah.
c) Kemampuan untuk memberikan manfaat lainnya seperti Hutan Suaka dan Hutan Wisata.

2). Tambak Ikan.

Tambak ikan secara ekonomi dapat memberikan dampak positif terhadap kehidupan masyarakat karena dapat memberikan sumber nafkah dari hasil tambak udang maupun bandeng, karena selain dikonsumsi sendiri juga dikirim keluar daerah kota Pasuruan.

3). Potensi daerah.
a)
Adanya kawasan Pelabuhan kota Pasuruan yang belum dikelola oleh Pemkot Pasuruan dan masih dalam naungan Propinsi Jatim dengan sistem Pelabuhan Rakyat ( PELRA) dan digunakan sandar Kapal Motor yang mengangkut kayu dari Kalimantan, Garam dari Madura, mengangkut sembako, bahan bangunan dari Pasuruan juga kapal-kapal milik nelayan Lokal.

b)
Adanya kawasan Industri Funiture yang bergerak dalam bidang kerajinan mebel, home industri logam dan budi daya rumput laut.


0 komentar: